Setahun P「Indonesia Lottery Official Website」andemi Virus Corona, Manakah Vaksin Covid

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Aplikasi judi sepak bola

Peneliti kesehIndonesiIndonesia Lottery Official Websitea LotteIndonesia Lottery Official Websitery Official Websiteatan masIndonesia Lottery Official Websiteyarakat di Oswaldo Cruz Foundation di Rio de Janeiro, Brasil, Cristina Possas menIndonesia Lottery Official Websitegatakan bahwa ini adalah keputusan yang dibentuk karena terbatasnya persediaan vaksin corona, serta terhambat oleh data yang terbatas.

"Ini (efikasi tinggi) mungkin menggiurkan, tetapi tidak mungkin untuk membandingkan langsung keefektifan vaksin berdasarkan hasil itu saja," kata David Kennedy, ahli ekologi dan evolusi penyakit menular di Pennsylvania State University di University Park.

Sedangkan efikasi vaksin buatan para ilmuwan Oxford University dan AstraZeneca dari Cambridge, Inggris, memberi perlindungan sebesar 70 persen.

Baca juga: Pakar UGM: Virus Nipah Potensi Pandemi Baru, Bagaimana Mencegahnya?

Kennedy mengingatkan bahwa setiap ukuran kemanjuran vaksin Covid memiliki tingkat ketidakpastian dan uji coba vaksin mungkin memiliki definisi kriteria penting yang berbeda dan bergantung pada berbagai indikator sebagai berikut.

Hasil teratas dari studi vaksin menunjukkan serangkaian perlindungan dan posisi teratas itu dicapai Pfizer bersama rekannya dari Jerman, BioNTech. Efikasi vaksin Pfizer-BioNTech yang berbasis messenger RNA (mRNA) ini 95 persen efektif melindungi dari infeksi Covid-19.

"Pada saat ini, tidak mungkin membandingkan vaksin-vaksin tersebut," kata Possas.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Akan Jadi Endemik, Apa Bedanya dengan Pandemik?

Sejauh ini, lebih dari 200 juta dosis vaksin virus corona telah didistribusikan untuk mempersenjatai dunia dalam mengatasi pandemi virus corona dan data hasil uji klinis telah bergulir di beberapa negara.

Perlu digarisbawahi bahwa permintaan akan vaksin Covid-19 sangat tinggi, bahkan dituntut untuk produksi cepat, sementara pasokan sangat terbatas.

Baca juga: Kematian Covid-19 Tembus 2 Juta, Varian Baru Virus Corona bisa Perburuk Pandemi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Akan tetapi juga pasokan, biaya, logistik distribusi, daya tahan perlindungan yang ditawarkan, dan kemampuan vaksin dalam melindungi dari varian baru virus yang muncul.

Kendati demikian, tak bisa dipungkiri bahwa untuk mengakhiri pandemi Covid-19 ini banyak orang yang mungkin merasa sulit untuk berpaling dari hasil uji klinis yang menunjukkan efikasi atau kemanjuran dari vaksin yang ada.

Tentunya, setiap upaya untuk menentukan peringkat vaksin virus corona ini tidak hanya memperhitungkan efektivitas yang dilaporkan.