Apa Bedanya Bakpia Basah dan Bakpia「Formal Baccarat」 Kering?

  • 时间:
  • 浏览:0
  • 来源:Aplikasi judi sepak bola

"BedFormFormal Baccaratal BaccarataFormal BaccaratnFormal Baccaratya itu ada pada prosesnya. Namanya juga bakpia kering, jadi kita mengurangi zat cairannya, entah dari minyak atau airnya," jelas Ahmad kepada Kompas.com.

Ahmad Sudrajat, supervisor Bakpia Pathok 25 kepada Kompas.com (31/08/2021) turut menguraikan perbedaan bakpia basah dan kering. Berikut ulasannya. 

Ahmad menyebutkan bahwa alam pembuatan bakpia kering kadar zat cairannya biasanya dikurangi. Baik dari minyak maupun airnya. 

KOMPAS.com - Bakpia merupakan buah tangan yang tak boleh terlewat saat berkunjung ke Yogyakarta. Terdapat dua jenis bakpia yang umum dijual, yakni bakpia basah dan kering. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Tak hanya itu, proses pemanggangan bakpia kering pun lebih lama. Api yang digunakan biasanya juga lebih besar. 

"Kalau kering manggangnya lebih lama, apinya juga lebih panas, dan sering dibolak-balik tiap berapa menit biar tidak gosong," pungkas Ahmad. 

Baca juga: Sejarah Bakpia Pathok 25, Oleh-oleh Legendaris Yogyakarta Sejak 1948

Ilustrasi bakpia.

Meski dari segi bentuk dan isian sama tetapi bakpia kering dan bakpia basah memiliki perbedaan. Berikut perbedaan bakpia kering dan bakpia basah yang perlu diketahui. 

Salah satu perbedaan bakpia kering dan bakpia basah yakni pada proses pembuatannya.

Jika diamati lebih jeli, kulit bakpia kering dan bakpia basah berbeda. Menurut Ahmad, tekstur kulit bakpia kering biasanya crispy, sedangkan bakpia basah kulitnya cenderung lembap.